Cara Memilih Speaker Aktif Terbaik

Speaker aktif merupakan perangkat penting untuk dapat mendengarkan musik sehingga speaker aktif menjadi elemen penting yang harus ditentukan kelebihan dan kekurangannya. Speaker aktif tidak hanya untuk mendengarkan musik saja, karena speaker aktif seharusnya bisa digunakan untuk karaoke atau digunakan sebagai penguat audio bilsa anda memiliki audio atau video player seperti untuk menonton film dari sumber DVD player. Untuk itulah diharapkan anda benar-benar memahani apa itu speaker aktif; bagaimana kualitasnya dan apa saja yang menjadi karakteristik speaker aktif yang terbaik untuk musik atau kegunaan lainnya.

Cara Memilih Speaker Aktif Terbaik

Bagi anda yang mendegarkan musik dari perangkat komputer atau laptop tentu saja beserta speaker aktif atau paket speaker yang ikut bersamanya (built-in). Nah disini sebetulnya anda dapat mulai membedakan kualitas speeaker aktif yang baik itu seperti apa. Bukankah laptop anda juga bisa buat denger musik atau nonton dari dvd komputer anda? Sederhana saja speaker aktif terbaik memiliki kualitas suara yang berbeda dengan speaker aktif pada umunya. Speaker aktif yang mampu menghadirkan kualitas audio terbaik akan memberikan kesan atau sensasi berbeda ketimbang cuma speaker built-in. Untuk itu perlu kami sampaikan beberpa ciri yang seharusnya menjadi perhatian dalam memilih sepaker aktif terbaik yang tentunya harga speaker aktif jenis akan berbeda dengan speaker aktif konvensional seperti yang pernah anda temukan.

Karakteristik Speaker Aktif Terbaik


Pertimbangkan yang harus menjadi perhatian kita dalam memilih seperti aktif yang bagus antara lain sebagai berikut:

Bahan Cabinet atau box speaker


Speaker cabinet yang menjadi pilihan terbaik yang direkomendasikan sebaiknya yang terbuat dari bahan kayu atau papan dari serbuk kayu. Kayu lebih dapat meresonansi getaran suara ketimbang dari kotak speaker yang berbahan plastik. Anda juga dapat menambahkan pembungkus kayu bari bahan-bahan yang dapat memeberikan sifat redaman suara yang bagus. Atau anda juga bisa menggunakan kain penutup dengan ketebalan yang baik sehingga redaman getara suara yang ditimbulkan menjadi lebih minum.

Besarnya Bahan Magnet


Biasanya ukuran magnet ini berpengaruh pada kualitas suara baik bass maupun treble. Anda dapat melihat dibagian belakang transduser speaker anda. Semakin besar magnet ini membuat kualitas suara menjadi lebih keras dan lebih baik daripada magnet yang berukur kecil. Pilihlah ukuran magnet yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Bahan Kertas getaran (Conespeaker)


Perhatikan bahan kertas speaker anda ke arah depan yang menghadap ke arah anda. Bahan yang bergetar karena kandungan elektromagnetis dari getaran elektrik suara yang masuk beresonansi dengan magnet yang menimbulkan getaran pada bahan tesebut. Cone speaker sebaiknya terbahan kertas presser agar produksi suara terdengar lebih rinci lembut dan empuk dengan kualitas suara cukup berimbang. Namun ini tergantung jenis speaker yang digunakan karena menyangkut diameter speaker yang memiliki rentang frekuensi kerja berbeda, sehingga respons frekuensi tergantung desain speaker tersebut.

Daun speaker


Tingkat daun speaker yang memiliki tingkat kelenturan yang berpengaruh pada pada pulen atau empuk tidaknya suara. Semakin tinggi tingkat kelenturan daun speaker semakin jernih, halus dan empuk kualitas suara yang dihasilkan.

Daya atau energi listrik


Setiap tranduser speaker memiliki daya atau energi yang dihasilkan dari getaran yang terjadi. Semakain besar getaran listik magnetik suara makin kuat dan keras suara yang terdengar. Setiap pbarikan akan mencantum daya ini pada label di bagian belakang speaker. Perhatikan itu untuk informasi yang lebih detilnya.

Demikian saja sedikit infoomasi yang mungkin berguna untuk dalam memilih speaker aktif terbaik dengan memilih fisik box dan speakernya. Pastikan produk speaker aktif yang anda beli memenuhi karateristik atau setidaknya memiliki kriteria sebagaimana disampaikan pada poin-poin diatas.

Postingan populer dari blog ini

Speaker Aktif Simbadda Paling Bagus Terbaik dalam Model

Speaker Pasif atau Speaker Aktif - Mana Yang Lebih Baik?