Speaker Pasif atau Speaker Aktif - Mana Yang Lebih Baik?

Speaker Aktif  atau Speaker Pasif Pilihan Anda?


Speaker aktif dan speaker pasif adalah dua hal yang berbeda, namun dua-duanya merupakan perangkat atau komponen penting dalam elektronika audio. Bila anda sedikit berkecimpung di dunia audio mungkin terlintas pertanyaan: mana yang lebih baik, speaker aktif atau speaker pasif-kah? Jawaban yang pasti benarnya dari pertanyaan di atas adalah semua tergantung dari dana tersedia dan kebutuhan anda masing-masing.

Speaker Aktif  atau Speaker Pasif Pilihan Anda?

Pertimbangan Speaker Aktif Sebagai Pilihan


Anda bisa saja mempertimbangkan speaker aktif untuk dipilih, bila anda lebih menyukai sistem audio siap pakai dan bebas masalah dari kemungkinan banyaknya kerusakan yang timbul dan juga tidak ingin terlibat dengan pengkabelan yang rumit alias ribet; dan hanya ingin kabel yang minim. Lebih jauh dengan pemahaman elektronik yang sedikit membuat anda tidak suka bermain-main dengan perangkat penguat audio eksternal (audio amplifier) yang memakan tempat dan kadang-kadang menjadi tidak praktis karena banyak melibatkan kabel, konektor, tombol atau panel control yang banyak.

Selain alasan pertimbangan di atas, saat ini tersedia banyak sumber musik digital dengan kualitas suara yang bagus (hi-resolution audio) dari gadget seperti smartphone, tablet, dan digital audio player lainnya. Bahkan perangkat elektronik saat ini sangat multi fungsi dan memiliki bentuk yang jauh lebih kompak dan kecil yang mudah dibawa kemana-mana; dan kompatibel atau cocok guna dan dapat terkoneksi melalui teknologi audio saat ini. Terakhir keterbatasan ruangan dapat menjadi masalah untuk menempatkan kotak speaker stereo system 2 way atau sistem surround yang memiliki banyak kotak dan instalsi kabel.

Pertimbangan Speaker Pasif Sebagai Pilihan


Selanjutnya anda akan mempertimbangkan untuk pilhan speaker pasif bila mungkin anda mennyukai perangkat audio amplifier eksternal dalam bentuk individual dan ingin meng-upgrade amplifier suatu saat nanti. Lebih jauh anda sudah memiliki koleksi perangkat Hi-fi seperti amplifier, equalizer, mixer audio, kompresor audio dan lainnya sehingga ini merupakan investasi anda di bidang audio untuk kualitas suara yang bisa anda konfigurasi sesuai dengan selera.

Ada keterbatasan dana untuk membeli peralatan audio eksternal lebih mungkin dibatasi ketersediaan dana. Keterbatasan dana yang dibatasi anggaran untuk audio adalah sesuatu yang berat bagi sebagian orang. Namun ini masih lebih ringan ketimbang dana yang harus disediakan sekaligus seperti halnya speaker aktif.

Demikian sekilas alasan pertimbangan untuk memilih apa yang lebih baik dan lebih disukai dari speaker pasif dan speaker aktif. Semoga ini bermanfaat untuk anda baik yang memilih speaker pasif dengan segala pertimbangannya. Dan untuk anda yang memiliki speaker aktif sebagai pilihan semoga menjadi speaker aktif terbaik untuk anda sesuai dengan dana tersedia untuk harga speaker aktif dan kebutuhan anda. Terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

Harga Speaker Aktif Terbaru dan Terbaik Berbagai Merek Terkenal 2017

Cara Memilih Speaker Aktif Terbaik